Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Keimanan kepada Malaikat

Friday, October 22, 2021




*Buku ke-4 di tahun 2021

Pertanyaan Anak Seputar Keimanan*

oleh Abdullah Hamad ar-Rakaf

Penerbit Gema Insani


Tanggal : 22 Oktober 2021

🧕Nama : Apriastiana Dian Fikroti

📸 Akun IG: instagram.com/riasrise

📱beli/baca di: @geraiumar

📖 Halaman yang dibaca 118-121

📙 sudah membaca 220 halaman (dari awal ikut program ini)

💖Tingkat kesukaan terhadap isi: 10

📝Insight:


Setelah tulisan sebelumnya membahas pertanyaan tentang keimanan kepada Allah subhannahu wa ta'ala, pada tulisan ini aku akan membahas pertanyaan tentang keimanan kepada malaikat. Mungkin pertanyaan-pertanyaan anak tentang malaikat tidak sebanyak pertanyaan tentang Allah. Pertama, siapa dan bagaimana malaikat. Ketika anak bertanya seperti itu, maka kita bisa menjawab bahwa malaikat adalah makhluk Allah subhannahu wa ta'ala yang diciptakan dari cahaya. Malaikat memiliki fisik yang indah dan memiliki sayap.


Kedua, nama para malaikat. Pertanyaan ini mungkin kita sudah tahu jawabannya kalau jumlah malaikat itu banyak, tetapi yang kita tahu ada sepuluh. Ketiga, tujuan Allah subhannahu wa ta'ala menciptakan malaikat. Dari pertanyaan ketiga ini, aku baru tahu kalau awalnya malaikat berada di langit, tetapi semenjak Nabi Adam alaihissalam turun ke bumi, malaikat pun ditugaskan menjaga, memelihara, mengawasi, membela, memintakan ampunan untuk manusia.


Keempat, kenapa manusia tidak bisa melihat malaikat. Karena memang manusia tidak memiliki kemampuan untuk melihat malaikat dalam bentuk aslinya. Namun, manusia dapat melihat malaikat ketika "menyamar" menjadi manusia. Kelima, apakah malaikat akan mati. Sebagaimana makhluk ciptaan Allah subhannahu wa ta'ala lainnya, malaikat juga akan mati.


Semoga kita dimudahkan oleh Allah untuk menjawab semua pertanyaan anak tentang keimanan.



No comments:

Powered by Blogger.