Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Keimanan kepada Allah

Monday, October 18, 2021

 



*Buku ke-4 di tahun 2021

Pertanyaan Anak Seputar Keimanan*

oleh Abdullah Hamad ar-Rakaf

Penerbit Gema Insani


Tanggal : 18 Oktober 2021

🧕Nama : Apriastiana Dian Fikroti

📸 Akun IG: instagram.com/riasrise

📱beli/baca di: @geraiumar

📖 Halaman yang dibaca 90-117

📙 sudah membaca 220 halaman (dari awal ikut program ini)

💖Tingkat kesukaan terhadap isi: 10

📝Insight:


"Jadi, saat kita ditanya siapakah Allah SWT? Dengan sederhana, kita menjawab Dialah yang menciptakan semuanya."-Halaman 94


Pada bab keempat, kita memasuki inti pembahasan buku "Pertanyaan Anak Seputar Keimanan", yaitu tentang tips praktis menjawab pertanyaan anak seputar keimanan. Namun, yang akan dibahas dalam tulisan ini, yaitu pertanyaan anak seputar keimanan kepada Allah. Dari buku ini, kutahu bahwa banyak sekali pertanyaan yang diajukan anak tentang Allah. Seperti, siapakah Allah, apakah Allah makan dan minum, siapakah yang menciptakan Allah, apakah Allah juga mengalami kematian atau tidak, dan sebagainya.


Menurutku, pertanyaan-pertanyaan seperti itu menandakan betapa penasarannya anak terhadap Allah. Sekaligus menjadi tantangan bagi kita, orang tua, untuk menjawab rasa penasaran tersebut dengan baik. Maka, penting bagi kita untuk belajar lebih dalam tentang tauhid. Selain itu, mengenalkan Allah kepada anak sehingga anak tidak perlu bertanya terlebih dahulu untuk mengetahui tentang Allah.


Membaca pertanyaan-pertanyaan tentang keimanan kepada Allah dalam bab ini, ada satu pertanyaan yang membuat hatiku bergetar. Pertanyaan itu adalah "apakah Allah SWT mencintaiku sebagaimana aku mencintai-Nya?". Pertanyaan yang seharusnya kita sudah tahu jawabannya yaitu Allah mencintai kita, bahkan melebihi rasa cinta kepada-Nya. Lalu, apa bukti cinta Allah kepada kita? Seperti memuliakan, memelihara, mengatur urusan, mengaruniakan rezeki, mengampuni, dan menolong kita. Ketika kita tahu hal itu, seharusnya kita malu kalau tidak mencintai-Nya, bahkan lebih mencintai makhluk ciptaan-Nya. Padahal Allah sangat mencintai hamba-Nya, apalagi yang suka mendekat kepada-Nya. Maka, lakukan hal-hal yang Allah suka, seperti salat, membaca Alquran, puasa, berbakti kepada orang tua.


Semoga kita dimudahkan untuk terus beriman kepada Allah sehingga kita lebih mudah untuk mengenalkan Allah kepada anak.


#ibumembacabuku #PertanyaanAnakSeputarKeimanan #AbdullahHamadArRakaf #IMBriasrise #riasrise #geraiumar

No comments:

Powered by Blogger.