Keberkahan Waktu Pagi

Sunday, August 29, 2021




*Buku ke-3 di tahun 2021


Ketika Kulalaikan Shalat*


oleh Islam Jamal


Penerbit Zaduna




Tanggal : 19 Agustus 2021


🧕Nama : Apriastiana Dian Fikroti


📸 Akun IG: https://instagram.com/riasrise


📱beli/baca di: @geraiumar


📖 Halaman yang dibaca 102-130


📙 sudah membaca 130 halaman (dari awal ikut program ini)


💖Tingkat kesukaan terhadap isi: 10


📝Insight:


Dalam bab ini, ada sebuah kisah menarik tentang Hal Elrod, penulis buku "The Miracle Morning". Sebelum membuat buku tersebut, dia pernah mengalami kebangkrutan hingga membuatnya tidak bergairah melakukan apapun.  Lalu suatu hari temannya memberikan saran untuk mengatasi permasalahannya tersebut dengan berolahraga. Awalnya dia menolak karena tidak terbiasa berolahraga. Namun, berawal dari olahraga tersebut, dia menemukan keajaiban pagi hari yang perlahan dapat mengatasi permasalahannya dan membuat hidupnya mulai berubah.


Setelah membaca kisah tersebut aku jadi semakin takjub dengan apa yang telah Allah perintahkan kepada hamba-Nya. Mungkin itulah hikmah mengapa kita diperintahkan untuk salat, terutama salat Subuh. Sebab, ternyata pagi hari itu begitu ajaib dan penuh keberkahan. Pun dalam banyak hadits dan ayat Alquran yang menerangkan tentang keajaiban pagi hari. Salah satunya yang membahas tentang keutamaan sedekah pagi hari, terutama saat Subuh.


Pada waktu tersebut malaikat yang mendapat "shift" malam dan "shift" pagi saling bertemu lalu mencatat dan mendoakan kita yang bersedekah saat Subuh. Selain itu, dalam hadits lain juga disebutkan bahwa kita tidak dianjurkan untuk tidur selepas salat Subuh. Mengapa? Sebab, akan melalaikan kita dari mencari rezeki. Pun dari sisi medis, tidur selepas Subuh dapat mendatangkan berbagai macam penyakit, seperti gangguan pencernaan.


Membaca ini aku jadi teringat pertanyaan seorang temannya Mas tentang mencari keberkahan waktu. Menurutku juga, jika ingin waktunya berkah harus dimulai dari pagi hari. Caranya bagaimana? Pertama, tidur lebih awal dan jangan tidur larut malam sehingga kita bisa bangun sebelum Subuh. Kedua, jangan tidur lagi setelah terbangun karena justru akan membuat kita lebih lelah. Ketiga, mengawali aktivitas dengan membaca al-matsurat (zikir pagi) dan Alquran.


#ibumembacabuku #KetikaKulalaikanShalat #IslamJamal #IMBriasrise #riasrise #geraiumar

No comments:

Powered by Blogger.