Urgensi Meng-install Alquran ke Diri dan Kehidupan Kita

Tuesday, April 27, 2021




Dalam Halaqah Cinta Spesial Ramadhan-nya @dapur.peduli pekan lalu, Ustadz @herfi_g_faizi membahas tentang meng-install diri kita dengan Alquran. Kajian tersebut menjadi pengingat tersendiri bagiku, terutama pada bulan Ramadhan seperti ini. Sebelum memasuki materi, Beliau mengajak peserta untuk merenungi beberapa ayat tentang Alquran, salah satu surat Yunus ayat 57. Dalam ayat tersebut, ada empat makna Alquran bagi orang beriman yaitu sebagai pelajaran, penyembuh, petunjuk, dan rahmat.


Kata Ustadz Herfi, surat Yunus ayat 57  tersebut juga menyiratkan bahwa jika tanpa Alquran kita akan bodoh, sakit, tersesat, dan sengsara. Mendengar itu, aku semakin takjub dengan Alquran. Selayaknya ponsel atau gawai lainnya yang harus di-install perangkat agar dapat berfungsi dengan baik, begitupun dengan kita yang harus di-install sebuah "perangkat" bernama Alquran. Jadi, sangat disayangkan jika tidak meng-install Alquran dalam diri dan kehidupan kita. 


Sebelum di-install dengan Alquran, Ustadz Herfi mengatakan bahwa kita harus menyiapkan hati terlebih dahulu. Kita harus mengosongkan hati dari hal-hal yang tidak penting dan memunculkan rasa takut kepada Allah dalam hati kita. Sebab, dalam surat Taha ayat 3, Alquran diturunkan sebagai peringatan bagi orang takut kepada Allah.


Lalu, bagaimana cara meng-install Alquran ke dalam diri kita? Dalam surat Sad ayat 29 disebutkan bahwa proses instalasi tersebut dimulai dengan menghayati ayat-ayat Alquran disertai dengan penalaran dan akal sehat. Sebab, jika kita tidak menghayati ayat-ayat Alquran, maka hati kita telah terkunci. Ustadz Herfi juga mengatakan bahwa salah satu hal yang harus dihindari ketika menginstall Alquran yaitu kegaduhan atau hiruk-pikuk. Seperti mendengarkan musik terutama yang melenakan kita dan berita-berita tidak penting yang terngiang dalam otak kita.


Semoga Allah memudahkan kita untuk meng-install Alquran ke diri dan kehidupan kita. Apalagi pada bulan Ramadhan seperti ini yang merupakan bulan diturunkannya Alquran.


No comments:

Powered by Blogger.