Pertolongan Allah Itu Begitu Dekat

Monday, September 26, 2022


Biasanya ketika kita sedang ada masalah atau mengalami suatu kesulitan, rasanya itu begitu kalut. Perasaan kita begitu tidak tenang, seringkali sedih, dan penuh kekhawatiran. Sementara otak kita sulit berpikir jernih untuk mencari jalan keluar. Menurutku, ada dua tipe muslim ketika sedang ada masalah.


Tipe pertama yaitu menjauhi Allah. Ketika sedang ada masalah dan merasa kalut, tipe pertama ini mencari "jalan keluar" dengan hal-hal yang tidak Allah sukai, seperti meninggalkan salat, minum alkohol, dll. Ketika melakukan itu, mungkin kekalutan mereka hilang sesaat, tetapi tidak benar-benar menyelesaikannya masalah mereka.


Tipe kedua yaitu mendekati Allah. Bersyukurlah jika kita memilih untuk mendekati Allah. Pertanda menyadari bahwa ranah kita hanyalah ikhtiar dan berdoa. Pun pertanda kita hanyalah makhluk lemah yang membutuhkan sosok Yang Mahabesar. Sosok yang menjadi sandaran kita untuk minta pertolongan. Ketika kita memilih untuk mendekati Allah, mungkin masalah kita tidak langsung terselesaikan saat itu juga. Namun, hati kita jauh lebih tenang untuk menghadapi permasalahan. Sebab, kita tahu bahwa pertolongan Allah itu begitu dekat.


Berbicara tentang pertolongan Allah, beberapa hari lalu aku sempat menonton episode 2 web seriesnya @muhajirinstudios X @baihaqi_clothing di channel YouTube-nya @thesungkarsfamily. Dalam episode tersebut, ada satu scene yang menjadi pengingatku untuk tidak berhenti berdoa kepada Allah sekaligus untuk semakin meyakini bahwa pertolongan Allah itu begitu dekat. Scene tersebut juga menjadi gambaran betapa kita--termasuk aku--cenderung lebih bisa mantap berdoa ketika sedang ada masalah untuk diselesaikan. Namun, menurutku, ketika kita masih mau berdoa kepada Allah, itu suatu nikmat yang tidak terkira.

No comments:

Powered by Blogger.