Menjadi Admin, Salah Satu Pekerjaan yang Cukup Menjanjikan bagi Mahasiswa



Hampir tiga tahun aku menjadi mahasiswa di perantauan, menjadi mahasiswa di kampus kerakyatan—kampus ternama yang sampai sekarang aku masih tidak menyangka dapat diterima di sini. Tentu banyak pengalaman yang kudapat saat menjadi mahasiswa kampus ini. Baik suka maupun duka. Namun, pengalaman yang paling berkesan justru tidak ada kaitannya dengan studi yang sedang aku ambil, yaitu Psikologi. Menjadi mahasiswa di perantauan, jauh kedua orangtua membuatku berpikir keras untuk mendapatkan uang saku lebih sehingga dapat meringankan beban orangtua. Sebab menurutku, bergantung pada beasiswa sangatlah tidak bagus. Hal ini membuatku berusaha mencari pekerjaan paruh waktu. Namun, ternyata tidak ada pekerjaan yang cocok denganku, terlebih karena masalah kendaraan dan waktu kerja.

Beruntung, di akhir November tahun lalu seorang kakak angkatan yang berbeda fakultas denganku menawariku menjadi seorang admin sebuah official account (OA) Line. Sebuah OA yang diperuntukkan bagi anak 3 SMA/SMK yang sedang membutuhkan banyak informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru. Pada awalnya aku mengiyakan tawaran kakak angkatan tersebut karena memang ingin membantu. Namun, aku tidak menyangka jika aku akan digaji tiap bulannya.

Bulan pertama menjadi seorang admin membuatku kewalahan. Pada awalnya aku hanya diminta untuk posting informasi apapun terkait pendaftaran mahasiswa baru ataupun informasi terkait anak 3 SMA/SMK. Namun, saat pertama kali mengunduh dan login aplikasi LINE@, aku justru kewalahan menghadapi serentetan pertanyaan dari anak-anak 3 SMA/SMK yang meminta informasi mengenai kampus dan jurusan yang mereka inginkan. Awalnya memang terasa mengasyikan menjawab setiap pertanyaan yang mereka ajukan. Namun, setiap harinya mereka terus-menerus bertanya, membuat ponselku terus berdering. Jika aku menjawab pertanyaan mereka, aku menjadi tidak dapat menyelesaikan tugas yang kukerjakan. Akan tetapi, jika tidak aku jawab, chat mereka akan menumpuk dan dalam satu hari dapat mencapai 100-300 chat, yang kebanyakan permintaan untuk me-review jurusan dan kampus yang mereka inginkan. Bahkan terkadang ada beberapa yang memaki karena tidak kunjung mendapat balasan atau permintaan mereka tidak kami turuti. Pernah aku tidak membuka aplikasi LINE@ tersebut selama 3-5 hari, chat yang masuk bahkan telah mencapai 999+. Hari berikutnya, selepas Subuh aku memutuskan untuk membalas semua chat tersebut. Berjam-jam aku di depan layar ponsel, membalas semua chat yang masuk dari chat paling bawah hingga yang paling atas. Jika dihitung mungkin aku menghabiskan waktu selama lima jam untuk membalasnya, membuat tangan kananku sedikit kaku saat ingin membalas chat lain yang baru saja masuk.

Memasuki bulan kedua aku tidak lagi membalas chat mereka, bahkan aku hanya sesekali mem-post informasi terkait Bidikmisi. Bahkan kakak angkatanku itu sampai menanyaiku alasan aku tidak posting apapun. Hal ini membuatku tidak merasa enak hati, terlebih karena dia tidak marah saat aku tidak mem-post apapun. Lalu di pertengahan Januari kakak angkatanku tersebut meminta nomor rekeningku. Dan awal Februari aku pun tersontak kaget di depan ATM ketika melihat ada tambahan uang yang lumayan bagi mahasiswa sepertiku. Lalu di bulan Februari itulah aku baru merasakan menjadi admin yang sesungguhnya. Sebab pada bulan itu, kakak angkatanku sering memintaku untuk me-review sebuah jurusan atau kampus dan di-scheduled untuk pukul 15.00 sampai dengan 22.00. Aku begitu bersemangat saat melalukan hal itu karena aku memang suka berselancar di internet. Semenjak itu aku mulai menggunakan aplikasi LINE@ for PC.

Menjelang pendaftaran SNMPTN intensitas menjadi admin pun semakin meningkat. Biasanya hanya sekali dalam seminggu. Kini menjadi tiga kali dalam seminggu. Bahkan mulai bulan Maret kakak angkatanku itu membagi jadwal siapa saja yang akan me-post informasi dalam seminggu itu. Pada hari Senin hingga Jumat mem-post informasi mulai sore hari yaitu pukul 15.00-22.00, sementara pada hari Sabtu dan Minggu dibagi menjadi dua sesi, yaitu pagi dan sore. Sesi pagi dimulai dari pukul 06.00 hingga pukul 13.00. Jadi ada 9 sesi dalam satu minggu, sehingga masing-masing orang mendapat tiga kali posting. Menjadi admin, aku menjadi update informasi terkini mengenai pendaftaran mahasiswa baru. Informasi ini pun sangat berguna bagiku karena aku pun dapat sekaligus mencari informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk adikku. Bagiku, menjadi admin merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan karena kita dapat memperoleh penghasilan hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet. Tidak perlu datang ke suatu tempat. Selain itu, menjadi admin membuatku menyadari bahwa OA Line bukan sesuatu yang main-main. Jika kita serius dalam mengelola akun tersebut, kita pun dapat memperoleh keuntungan dari situ. 

Share this:

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

  1. Replies
    1. wkwk, ntar makin terkenal kalau sebut namanya :v *piss bosque*

      Delete
  2. wah seru juga ya, belum pernah rasain, ckckc..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk, sesekali coba rasakan. Seru! :D

      Delete