Hari 1: Menyusun Puzzle Hewan

Monday, November 01, 2021


Hari ini (1 November 2021), aku menemani Umar menyusun puzzle hewan "My First Arabic Puzzle"-nya @ihsankids. Satu pack "My First Arabic Puzzle" ini terdiri dari 2 buah puzzle keping 4 (ayam dan burung), 2 puzzle keping 6 (ikan dan gajah), dan 2 buah puzzle keping 8 (jerapah dan kelinci). Semenjak puzzle ini datang, Umar suka sekali menyusunnya. Meski berulang kali dilakukan, tetapi Umar sangat antusias ketika melakukannya.

Awalnya, Umar lebih dulu menyusun puzzle yang keping 4 (ayam dan burung). Tidak perlu menunggu waktu lama, puzzle pun tersusun dengan baik. Setelah itu, Umar mengambil puzzle lainnya yang keping 6 (ikan dan gajah) dan keping 8 (jerapah dan kelinci). Dua jenis keping yang ini, Umar masih bingung untuk menyusunnya sehingga belum bisa menyelesaikannya dengan cepat.

Ada banyak manfaat dari menyusun "My First Arabic Puzzle" ini, yaitu menstimulasi motorik halusnya Umar dan mengenalkan tentang beberapa nama hewan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Selain itu, usai menyusun puzzle, Umar langsung membongkar puzzle dan menaruhnya kembali ke toples. Dari situ, aku baru menyadari bahwa secara tidak langsung, menyusun puzzle ini juga bisa melatih kemandirian anak untuk membereskan mainannya setelah selesai bermain.

No comments:

Powered by Blogger.