"Mommyclopedia" 567 Fakta tentang MPASI: Bekal Menuju MP-ASI

Sunday, November 24, 2019


Salah satu penyesalanku selama masa kehamilan adalah kurangnya mencari informasi apapun seputar pasca persalinan dan perawatan bayi. Padahal setelah ada Umar, kutahu bahwa itu adalah hal yang penting. Apalagi, ketika masuk ke grup menyusui, semakin menyadarkanku bahwa aku kekurangan informasi seputar perawatan bayi. Dari grup itu jugalah aku mulai mengenal istilah perkembangan bayi. Pun dokter-dokter anak yang suka berbagi informasi di Instagram.

Menjelang Umar MP-ASI (Makanan Pendamping ASI), aku tidak mau lagi kekurangan informasi. Aku mulai rajin mencari informasi seputar MP-ASI. Baik dari Instagram dokter anak maupun ahli gizi yang berfokus pada gizi anak. Maupun dari buku. Salah satunya dari buku terbaru dokter @metahanindita, dokter spesialis anak yang sering menjadi "rujukan" para ibu menyusui di grup. "Mommyclopedia: 567 Fakta tentang MPASI", sesuai judulnya, buku yang ditulis dokter Meta ini berisi tentang seluk-beluk MP-ASI. Mulai dari seberapa penting MP-ASI bagi bayi usia 6 bulan, apa saja makanan/minuman yang boleh (bahkan harus) dan tidak boleh diberikan, bagaimana memasaknya, bagaimana menyimpannya. Hingga mitos-mitos yang berseliweran di masyarakat.

Membaca buku ini, aku jadi tahu bahwa MP-ASI banyak sekali manfaatnya. Menambah gizi yang semakin tidak tercukupi dengan ASI ketika bayi berusia 6 bulan. Melatih kemampuan oromotor bayi. Hingga membentuk eating habit bayi.

Membaca buku ini juga menjadi caraku untuk mengurangi kecemasan menjelang Umar MP-ASI. Meski buku ini tidak terlampau tebal, tetapi isinya tidak dapat disepelekan. Setiap poinnya terasa begitu penting dan informatif. Diksi yang digunakan juga dapat dipahami oleh pembaca yang bukan dari orang kesehatan. Pun buku ini sangat dapat menjadi bekal bagi para ibu yang anaknya akan MP-ASI, terutama bagi ibu baru.

No comments:

Powered by Blogger.