Mama Cake “Little Big Bite for A Bigger Soul”


Judul               : Mama Cake
Sutradara        : Anggy Umbara
Pemain            : Ananda Omesh, Boy William
                        Arie Dagienkz, Fajar Umbara
                        Dinda Kanya Dewi,  Renata Kusmanto
Genre             : Drama Komedi
Tahun Rilis      : 2012
Produksi         : Falcon Pictures
            Mama Cake mengisahkan tentang perjalanan tiga sahabat, Rakha, Willy, Rio dalam menuruti permintaan terakhir nenek Rakha yang sedang sakit keras untuk membeli sebungkus brownis Mama Cake di Bandung.
            Pada awalnya semuanya berjalan baik-baik saja. Hingga sebuah kejadian membuat mereka berpisah dan berjalan sendiri-sendiri, yaitu saat mobil Rakha hilang. Rakha, yang berasal dari keluarga konglomerat harus merasakan hidup luntang-lantung tanpa memiliki seper sen pun uang dan gadget mahal karena raib dirampas pencuri dan hampir diperkosa oleh penjaga warung telepon. Sementara Willy, seorang playboy kelas kakap tetapi telah berpacaran selama 7 tahun dengan Lolly harus merelakan dirinya dipukuli oleh teman-teman Ivan karena kepergok berciuman dengan Nayla, mantan kekasih Ivan. Dan Rio, sang pujangga cinta, akhirnya dia memahami arti setiap gerakan salat dan mau melakukannya. Peristiwa-peristiwa itu mengajarkan mereka tentang bagaimana memaknai nilai-nilai kehidupan.
            Kelebihan film Mama Cake ini yaitu kita diajarkan tentang berbagai hal, terutama mengenai Tuhan, cinta, persahabatan, rasa syukur, tujuan hidup, dan yang terpenting adalah amanah. Tokoh Rakha mengajarkan kita untuk menjaga amanah yang telah diberikan kepada kita. Rakha rela melakukan apa pun demi mendapatkan brownies Mama Cake itu, termasuk harus bolak-balik ke Mama Cake. Selain itu, film ini juga mengajarkan bahwa sebagai anak yang telah beranjak dewasa, kita berhak untuk menentukan tujuan hidup kita, menentukan arah hidup kita, dan menentukan jurusan dan perguruan tinggi yang kita inginkan. Dan seharusnya orang tua memberi kebebasan kepada kita untuk menentukan pilihan kita sendiri tanpa campur tangan orang tua selama pilihan kita itu positif.
            Kekurangan film Mama Cake ini yaitu saat adegan Willy dan Nayla berciuman. Menurut saya, adegan itu terlalu vulgar dan tidak pantas untuk dipertontonkan. Terlepas dari kekurangannya itu, menurut saya film Mama Cake ini sangat cocok untuk ditonton kalangan remaja yang sedang beranjak dewasa karena pada fase ini, remaja sering mengalami kebimbangan dalam menentukan jati diri dan pilihan hidupnya.


Share this:

0 comments:

Post a Comment