Kelulusan

Hari ini, tanggal 24 Mei 2013. Mungkin hari yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak kelas XII se-Indonesia. Kenapa? Karena hari ini akan diumumkan hasil nilai Ujian Nasional yang telah kami kerjakan sebulan yang lalu. Rencananya pengumuman kelulusan ini akan diselenggarakan jam 3 sore. Katanya sih biar gak ada konvoi gitu (padahal ya masih aja tuh pada konvoi gitu).
Hari-hari menjelang pengumuman rasanya deg-degan luar biasa, dan nunggu jam 3 sore terasa sangat lamaaaa sekali. Dan saat jam 14.30, udah pake baju bebas, udah siap-siap mau berangkat ke sekolah, tiba-tiba temenku bilang suruh pake baju OSIS aja. Alhasil, aku langsung ganti baju. Jam 3 kurang 15 menit baru berangkat. Sesampainya di sekolah, ternyata kebanyakan dari mereka pake baju bebas, dan cuma beberapa yang pake OSIS. Sumpah! Malu banget. Temenku juga sampai bilang "kamu ngapain pake baju OSIS?". Aku cuma bisa nyengir, menahan malu. Hufttt. Aku langsung berlari menuju kelasku.
Deg-degan banget sama nilai yang bakalan aku peroleh. Pertama-tama diumumin yang mendapat nilai UN tertinggi di kelas dan akumulasi nilai UN+US terbaik. Namaku belum juga disebut. Tapi saat wali kelasku mengumumkan 4 anak dari kelasku yang mendapat nilai 10, akhirnya namaku disebut juga. Alhamdulillah :)
Setelah itu baru dibagikan amplop yang berisi pernyataan LULUS/TIDAK dan secarik kertas yang berisi nilai UN+US+UAS. Giliranku pun tiba. Aku membuka amplop itu secara perlahan. Gak tau harus seneng atau sedih. Seneng karena ada nilai sempurna di salah satu mapel UN. Tapi sedih juga karena target nilai UN  gak tercapai. Tapi, apapun itu, aku tetap bersyukur atas apa yang aku dapat. Semoga aku mendapatkan kabar gembira tanggal 28 Mei mendatang. Aamiin. Aku juga sangat amat bangga, teramat bangga malah, menjadi bagian dari SMA N 1 Purwokerto. Selamat buat sekolahku (atau mungkin sekarang aku menyebutnya 'almamaterku') karena menjadi peringkat ke-2 se-Jawa Tengah.
Oya, aku juga agak menyesal kenapa dari awal masuk SMA, tidak memilih IPS sebagai jurusan pilihanku. Amat menyesal. 

Share this:

0 comments:

Post a Comment