Individual Differences


Semua orang pasti tahu dan sangat sadar kalau dirinya berbeda dengan orang lain. Tidak ada seorang pun yang sama secara keseluruhan, bahkan yang kembar identik sekalipun. Menjadi mahasiswa psikologi yang notabene belajar mengenai manusia membuatku semakin sadar bahwa semua orang itu berbeda. Namun, yang aku yakini pasti ada faktor-faktor yang membentuk seseorang menjadi seperti A, B, C, D, atau sebagainya. Di kehidupan sehari-hari pun perbedaan individu tersebut sangat aku rasakan, terlebih saat berinteraksi dengan orang-orang yang secara sifat maupun latar belakang berbeda denganku. Namun, perbedaan tersebut lah yang membuat setiap orang unik dan dunia ini pun menjadi lebih berwarna. Walau tidak jarang, individual differences tersebut lah yang seringkali menjadi pemicu berbagai konflik yang terjadi antar manusia.

Dalam psikologi sendiri, perbedaan individu tersebut memiliki istilah individual differences. Menurut DeFleur (dalam Onong, 2002) setiap manusia amat bervariasi secara psikologisnya. Variasi ini juga sebagian dimulai dari perbedaan secara biologis dan pengetahuan yang dimiliki setiap individu yang berbeda-beda (Onong, 2002). Selain itu, individual differences tersebut juga disebabkan oleh motivasi dan pengalaman yang berbeda sebagai hasil belajar dari lingkungan yang berbeda-beda pula. Dari lingkungan yang berbeda ini, akan terbentuk sikap, nilai-nilai serta kepercayaan individu yang mendasari kepribadian mereka, kemudian akan mempengaruhi cara mereka memandang dan menghadapi sesuatu (Depari, 1995). Berdasarkan teori yang dikemukakan DeFleur tersebut sudah sangat jelas bahwa setiap orang berbeda karena memiliki latar belakang yang berbeda juga.


Oleh karena itu, sebagai manusia yang telah memahami adanya individual differences sebaiknya kita bisa menghargai orang lain, mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain. Dan jika kita merasa iri akan kelebihan yang dimiliki orang lain, seharusnya memiliki tekad yang kuat agar bisa memiliki kelebihan seperti orang tersebut, bahkan melebihi orang tersebut.

Share this:

0 comments:

Post a Comment